Posted on: January 9, 2022 Posted by: theartsp Comments: 0

Jakarta, 18 Oktober 2014, The Indonesia China Art Association (ICAA) untuk pertama kali menyelenggakan pameran Lukisan Cat Air Internasional yang berjudul “Hikayat Air” yang merupakan sebuah dialog awal seni rupa Indonesia dan Cina yang berlokasi di Museum nasional Jakarta. Pameran ini dikuratori oleh Agus Dermawan T           ( Indonesia) dan Yan Ding (Cina), diselenggarakan mulai  tanggal 19 sampai 25 Oktober 2014, dan dibuka oleh Duta Besar Cina untuk Indonesia, Mr. Xie Feng.

Pameran ini menampilkan seniman-seniman Cina; Cai Zhi Shu, Cheah Thien Soong, Huang Guang Nan, Lei Han lin, Liu Ke Ming, Shao Fei, Shu Xin Shui, Stephen Leong, Chun Hong, Su Mei, Tan Lei Ming, Ting Shao Kuang, Xiao Han, Xu Ru Lin, Zhang Xue Hong, dan seniman – seniman Indonesia; Agung Mangu Putra, Budi Ubrux, Chusin Setiadikara, Erica Hestu Wahyuni, Gatot Indrajati, Hanafi, I Made Sukadana, Ivan Sagita, I Wayan Sudarsana Yansen, Joni Ramlan, Kartika Affandi, Katirin, Made Wianta, Nasirun, Nyoman Gunarsa, Putu Sutawijaya, Sri Warso Wahono. 

Kegiatan pameran ini akan diadakan minimum dua kali dalam setahun, seperti yang disampaikan oleh Yince Djuwidja, founder dari Indonesia China Art Association (ICAA).

Selain pameran lukisan yang menampilkan 89 buah karya, acara ini juga akan diisi dengan kegiatan Seminar:         19 Oktober 2014, Pukul 10.00 – 12.00 WIB, Diskusi Seni dengan tema, Bagaimana senirupa Indonesia melihat dunia: 19 Oktober 2014, Pukul 14.00 – 16.00 WIB, Workshop, demo tehnik senilukis dari pelukis Indonesia dan Cina: 20 Oktober 2014, Pukul 13.30 – 16.30 WIB.

Proses unik dari pemilihan karya, ICAA memilih karya dari pelukis dari bidang akademis, dan untuk kegiatan dimasa datang, “ICAA akan aktif untuk selalu menyelenggarakan kegiatan pertukaran seni lukis antara Cina dan Indonesia”, ungkap Yince Djuwija.

Sekilas mengenai ICAA

Indonesia China Art Association (ICAA) adalah sebuah organisasi nirlaba berbasis keanggotaan, terdiri dari sejarawan seni, sarjana, kurator, kritikus, kolektor, pendidik, dan penerbit seni yang mempromosikan dan mendukung kesenian Indonesia dan China. ICAA juga menjadi wadah penghubung antara Asosiasi Seni Indonesia dengan Assosiasi Seni China di China dan di manca Negara dalam sektor seni rupa.

Selain mempromosikan seni dan medukung seniman, tujuan dan misi ICAA adalah untuk memberikan kesempatan bagi komunitas lokal dan masyarakat umum untuk mendapatkan pendidikan seni melalui pameran dan program pendidikan di ICAA (http://idchinaart.org/).